01 OCT 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 136 DILIHAT

Kenalan dengan Mikrobioma Usus, yuk!

Gut health is the key to overall health. Benar banget, kalau usus sehat, tubuh pun ikut sehat.
Untuk itu kita harus menjaga keseimbangan mikrobioma usus. Cari tahu lebih banyak, yuk!

Mikrobioma di mana-mana

Mikrobioma adalah komunitas mikroorganisme (seperti jamur, bakteri, dan virus) yang ada di lingkungan tertentu, seperti kulit atau saluran pencernaan. Konsentrasi mikrobioma manusia terbesar ditemukan di usus.

Apa itu mikrobioma usus?

Mikrobioma usus adalah trilyunan organisme hidup (bakteri baik dan jahat) yang menghuni usus besar dan kecil.

Bakteri baik vs. bakteri jahat

  • Ada dua jenis bakteri dasar yang membuat rumah mereka di usus yaitu:
    Bakteri jahat, berasal dari makanan cepat saji, pola makan tidak sehat, alkohol berlebihan, stres, malas olahraga, dan paparan polutan lingkungan, yang membuat mikrobioma tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Bakteri baik, bertugas membantu memecah makanan, menambahkan lapisan perlindungan ekstra pada lapisan usus, dan melakukan ribuan fungsi lain yang membantu menjaga kita tetap sehat.  

Mengapa penting menjaga keseimbangan mikrobioma usus?

  • Mikrobioma usus yang seimbang berfungsi menjaga agar sistem pencernaan berfungsi baik sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan.
  • Ketidakseimbangan mikroba yang tidak sehat dan sehat dalam usus (bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik) dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti masalah pencernaan, penambahan berat badan, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gangguan lainnya

Cara menjaga keseimbangan mikrobioma usus

  • Konsumsi produk probiotik, Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus* yang per sajian menyediakan 23 miliar CFU** (Colony Forming Unit) dengan 4 strain bakteri baik
  • Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan istirahat yang cukup, kelola stres, dan berolahraga secara teratur.
  • Konsumsi makanan yang sehat yang memberikan nutrisi yang dibutuhkan usus untuk fungsi yang optimal, seperti protein, probiotik, dan prebiotik/serat.

Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus membantu menyeimbangkan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat, dan membantu penyerapan nutrisi. Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus dengan teknologi “Arrive alive” & “Stick to the gut” memastikan probiotik sampai di usus hidup dan menempel efektif.

*)Terdiri dari campuran bakteri asam laktat (Bifidobacterium Lactis & Bacillus Coagulans).

**) Dalam 6 bulan usia simpan produk.